28
Des 2017
Rafael Nadal Nyatakan Pensiun dalam Waktu Dekat
Ditulis oleh METROTVNEWS/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Petenis ranking satu dunia, Rafael Nadal, menyadari bahwa dirinya tidak selamanya bisa menjadi pemain hebat. Jika prestasinya mulai meredup, ia pun mengaku bakal mulai berpikir untuk pensiun.

Nadal berhasil tampil menawan pada musim 2017 dengan memenangkan dua ajang Grand Slams, yakni French Open and the US Open. Pencapaiannya bisa disamakan dengan Roger Federer yang sukses menutup musim 2017 dengan gelar juara Australia Open dan US Open.

Nadal menjadi petenis yang tertawa paling akhir karena ia bisa merangsek ke urutan ranking pertama pada akhir musim 2017. Prestasi itu tidak didapat dengan mudah karena sering dihalau oleh Federer pada fase final.

Sepanjang musim 2017, Nadal sempat ditaklukkan Federer sebanyak empat kali. Tiga di antaranya lewat final Australia Open, Miami Open, dan Shanghai Masters. Sementara itu, satu lagi sisanya terjadi di babak keempat Indian Wells.

Nadal hanya mencoba bersikap rendah hati ketika ditanya tentang pencapaiannya di musim 2017. Ia mengaku tidak mempermasalahkan siapapun lawan yang dihadapi dan tetap bertekad tampil lebih baik pada musim 2018. Menariknya, ia juga siap pensiun apabila tekad itu mulai mengendur.

"Saya tidak benar-benar punya mimpi dalam hidup ini. Tapi semuanya yang terjadi dalam karier saya benar-benar lebih dari yang diharapkan. Motivasi saya masih sama seperti sebelumnya, yakni ingin bersaing tiap tahun dan tetap menikmati tenis," ujar Nadal.

"Saya cukup beruntung bisa melakukan sesuatu yang membuat diri ini senang. Jika suatu hari saya kalah dan mulai memaksakan diri untuk mencapai sesuatu dalam olahraga ini, maka itulah waktunya bagi saya untuk mulai berpikir melakukan sesuatu yang lain. Tujuan saya adalah untuk tetap bermain di level yang bisa memberikan motivasi berkompetisi selama mungkin," tambahnya.

Nadal memastikan tempat ranking pertama setelah menaklukkan Hyeon Chung pada babak kedua Paris Masters. Pencapaian untuk berada di peringkat pertama ini merupakan kesempatan keempat di sepanjang karier dan membuatnya sejajar dengan Novak Djokovic, Ivan Lendle, dan John McEnroe.

Rafael Nadal Nyatakan Pensiun dalam Waktu Dekat
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us