21
Des 2017
Turki Tetapkan Bintang NBA ini Sebagai Buronan Negara
Ditulis oleh BERITASATU/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Seorang jaksa di Turki menuntut bintang liga basket Amerika Serikat (NBA), Enes Kanter, dengan hukuman empat tahun penjara atas dakwaan menghina Presiden Tayyip Erdogan, seperti diberitakan kantor berita Anadolu, Rabu (20/12).

Paspor pemain New York Knicks itu sudah dicabut oleh pemerintah Turki dan surat penangkapan juga sudah dikeluarkan pengadilan terhadap dirinya.

Kanter juga ditetapkan sebagai buronan oleh pengadilan karena dukungannya terhadap ulama Fethullah Gulen yang tinggal di AS dan dituduh Turki mengotaki kudeta yang gagal pada Juli 2016.

Bukan rahasia lagi bahwa Kanter adalah pendukung Gulen yang mengasingkan diri ke Pennsylvania sejak 1999 dan menghadapi upaya ekstradisi oleh Erdogan. Gulen sendiri membantah terlibat dalam kudeta itu.

Dakwaan terhadap Kanter menyebutkan bahwa dia menggunakan akun Twitter untuk "menghina dan melecehkan" Erdogan, tulis Anadolu.

Pemain tengah Knicks itu merespons sinis di Twitter setelah mendengar kabar tentang dakwaan Rabu itu. “Yang saya katakan soal (pria) tanpa kehormatan itu sebetulnya masih kurang. Tambahkan empat tahun lagi untuk saya, tuan,” tulis Kanter, tampaknya merujuk ke Erdogan. Dia punya 526.000 pengikut di Twitter.

Mei lalu, Kanter ditahan di Rumania setelah diketahui paspor Turki miliknya telah dicabut. Dia kemudian kembali ke AS. Akibat insiden itu, Kanter mencela Erdogan dalam sebuah jumpa per dan menyebutnya "Hitler abad ini". Kanter memiliki kartu hijau AS yang memungkinkan dia untuk tinggal dan bekerja secara permanen di sana.

Tahun lalu, media di Turki mempublikasikan surat tulisan tangan ayah Kanter, Mehmet, yang berisi pernyataan putus hubungan dengan putranya dan menuduh dia telah "dihipnotis" oleh gerakan Gulen.

Sebagai jawaban, Kanter mengatakan dia memang mendedikasikan diri untuk Gulen dan gerakan Hizmet (melayani) yang dipimpinnya.

Pria berusia 25 tahun itu berada di nomor urut tiga draft NBA saat dia direkrut Utah Jazz pada 2011.

Turki Tetapkan Bintang NBA ini Sebagai Buronan Negara
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us