18
Des 2017
Ahli Pedang Samurai di Inggris Nekat Lakukan Harakiri
Ditulis oleh KOMPAS/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA –  Seorang pakar pedang asal Inggris, Alun Jones ditemukan sudah dalam keadaan tak bernyawa di kamarnya di Newport, South Wales, Inggris.

Jones yang bertahun-tahun menjadi peneliti pedang katana Jepang itu diduga bunuh diri dengan cara ala samurai, harakiri. Harakiri adalah tradisi bunuh diri yang biasa dilakukan samurai Jepang sebagai cara kematian yang terhormat. Dilakukan dengan menyayat sendiri bagian perut.

Jenazah peneliti berusia 51 tahun tersebut pertama kali ditemukan ibunya di kamarnya. Jones ditemukan dalam posisi tubuh di atas pedang dan terdapat luka sayatan lebar di perut yang menembus organ jantung dan hati.

Keluarga korban mengatakan, Jones yang telah bercerai sempat menghabiskan waktu selama bertahun-tahun untuk tinggal dan bekerja di Jepang. Namun saat kembali ke Inggris, Jones disebut seperti orang yang berbeda dengan yang dikenal keluarganya.

"Setelah bertahun-tahun di luar negeri, saat kembali dia biasanya akan pergi mengunjungi rekan-rekannya. Tapi kali ini dia terlihat lebih kurus dan lebih banyak menghabiskan waktu di kamarnya," kata kakak perempuan korban, Marianne Caulfield, dikutip Daily Mail, Jumat (15/12/2017).

Diakui keluarga, Jones memang memiliki koleksi pedang katana dan memiliki ketertarikan dengan tradisi samurai. Beberapa jam sebelum ditemukan tewas, salah seorang tetangga mengaku melihat Jones tertidur di sofa dengan album foto keluarga di sampingnya.

Detektif polisi Rhys Williams mengatakan, hasil pemeriksaan menunjukkan Jones tewas karena luka sayatan oleh pedang yang menusuk perutnya.

Dia menambahkan, korban sempat mengirimkan pedangnya kepada seorang ahli di London dan menerimanya kembali beberapa saat sebelum kejadian. "Korban tewas dengan pedang samurai di bawah tubuhnya dan saya yakin luka tersebut dibuatnya sendiri," kata koroner senior David Bowen. "Di Jepang tradisi samurai ini disebut harakiri. Tapi di negara ini, berarti bunuh diri," tambahnya.

Ahli Pedang Samurai di Inggris Nekat Lakukan Harakiri
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us