14
Des 2017
Studi : Fakta Buktikan Wanita Lebih Fit dari Pria
Ditulis oleh CNN/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA -- Sebagian orang sering memandang sebelah mata kemampuan seorang wanita. Mayoritas menganggap pria jauh lebih kuat dan cepat dibandingkan wanita.

Namun, dalam jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Applied Physiology baru-baru ini menyatakan bahwa wanita ternyata lebih fit dari pada pria.

Dilansir dari laman Heatlh, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada melakukan penelitian terhadap sembilan pria dan sembilan wanita yang berusia 18-30 tahun dengan berat badan yang setara.

Para partisipan ini diminta untuk berjalan di atas treadmill. Setelah melakukan pemanasan singkat, mereka diminta untuk berjalan di atas treadmill dengan kecepatan yang meningkat secara perlahan. Peneliti mengukur berapa banyak oksigen yang digunakan dan berapa banyak karbondioksida yang dihasilkan dengan menggunakan topeng wajah (masker).

Profesor Kinesiologi dari Universitas Waterloo, Richard Hughson mengatakan: "Penelitian ini secara spesifik mengukur seberapa cepat meningkatnya ambilan oksigen dari saat istirahat sampai beralih pada saat latihan/olahraga berikutnya".

Richard juga menambahkan, ketika tubuh seseorang sedang tidak fit, maka tubuhnya akan lebih lambat beradaptasi untuk berolahraga, kondisi tubuh juga akan semakin menurun.

Mengukur ambilan oksigen ini merupakan indikator yang tepat untuk melihat kebugaran fisik secara keseluruhan. Dari penelitian tersebut menyatakan bahwa wanita akan menyesuaikan tubuhnya untuk berolahraga setelah 30 detik, sedangkan pria membutuhkan waktu 42 detik. Itu berarti tingkat pemrosesan oksigen 30 persen lebih cepat dan hal tersebut menyangkut efisiensi fisik.

"Kebugaran dapat ditentukan oleh kekuatan aerobik maksimal, atau bisa juga oleh indikator lainnya, misalkan jika anda bisa memonitor seberapa cepat seseorang beradaptasi untuk latihan fisik ke tingkat berikutnya, itu akan menjadi indikasi akan kebugaran dan kesehatan juga," ujar Hughson.

Ke depannya, peneliti lain Thomas Beltrame mengungkapkan, tim peneliti berencana meluaskan penelitian dengan melibatkan partisipasi atlet, bukan sekadar berolahraga untuk rekreasi.

"Di masa mendatang, penelitian membutuhkan penentuan hasil dari partisipan baik pria dan wanita yang aktif, yang benar-benar sesuai dengan kebugaran, untuk menemukan siapa yang lebih fit di antara pria dan wanita, lebih tepat," ungkap Beltrame lewat surat elektronik pada Health.

Studi : Fakta Buktikan Wanita Lebih Fit dari Pria
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us