BERITANUSA - Sebentar lagi, Kodam V Brawijaya akan memasuki hari jadinya yang ke-69 tahun. Selain perayaan hari jadi tersebut, Kodam V Brawijaya juga akan melangsungkan Hari Juang Kartika (HJK) tahun 2017.

Dalam sosialisasinya di salah satu stasiun radio di Kota Surabaya, Wakil Kepala Penerangan Kodam (Wakapendam) V Brawijaya, Letkol Inf Dodiet Lumwartono, S. Pd menjelaskan, perayaan tersebut nantinya akan berlangsung mulai tanggal 15 hingga 17 Desember 2017.

“Nantinya, TNI-AD akan mengusung tema Manunggal Dengan Rakyat, TNI-AD Kuat,” jelas mantan Dandim Surabaya Timur ini melalui siarannya di salah satu stasiun radio di Kota Surabaya, Rabu, 6 Desember 2017 pagi. Dirinya menjelaskan, perayaan HJK dan HUT Kodam V Brawijaya ke-69 tahun ini dinilai memiliki makna tersendiri, khususnya bagi prajurit TNI-AD.

“Peringatan Hari Juang Kartika dan HUT Kodam V Brawijaya adalah event penting karena Hari Juang Kartika mempunyai makna yang sangat besar dan mendalam bagi prajurit TNI-AD. Karena itu, peringatan Hari Juang Kartika merupakan hari bersejarah bagi kesatuan TNI-AD dan bertepatan pula dengan puncak peringatan HUT Kodam V Brawijaya yang ke-69.

HJK tersebut dimaknai guna mengingatkan kembali atau kilas balik nilai-nilai perjuangan,” ungkap Wakapendam V Brawijaya. Selain itu, jelas Letkol Dodiet, pelaksanaan Hari Juang Kartika merupakan salah satu momentum dalam mengingat kembali nilai-nilai perjuangan ketika tanggal 15 Desember 1945 lalu.

“Pada peristiwa Palagan Ambarawa tersebut, tertanam suatu pesan heroik yang disampaikan langsung oleh Panglima Besar, Jenderal Soedirman dihadapan seluruh prajuritnya. Beliau berpesan jika Tentara adalah bagian dari masyarakat, serta berkewajiban untuk melindungi dan mempertahankan kedaulatan, keutuhan negara. Oleh karena itu, TNI-AD harus senantiasa bersama rakyat demi tegaknya Indonesia yang berdaulat,” terangnya.

Rencananya, tak hanya melibatkan personel TNI-AD saja, dalam perayaan hari besar tersebut, Kodam V Brawijaya juga berencana mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan berperan dalam merayakan pelaksanaan HJK dan HUT Kodam V Brawijaya tahun ini.

“Beberapa event sudah kita rancang dan persiapkan. Nantinya, bukan Cuma anggota TNI-AD, seluruh lapisan masyarakat juga akan kita libatkan dalam perayaan tersebut,” kata Letkol Inf Dodiet Lumwartono sebelum mengakhiri dialognya.(SPD)

Kodam Brawijaya Sosialisasikan HJK ke-72 dan HUT Kodam
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us