06
Des 2017
Tulang Mammoth dengan Bekas Luka Kapak Manusia Ditemukan
Ditulis oleh LIPUTAN6/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Pada tahun 2015, seorang petani kedelai bernama James Bristle membuat penemuan yang mengejutkan. Di perkebunan miliknya yang terletak di Michigan, James menemukan sebuah tulang rusuk yang begitu besar.

Mendengar hal tersebut, ahli paleontologi dari University of Michigan datang untuk meneliti. Saat itu mereka kaget bukan main. Pasalnya, telah ditemukan tengkorak dan tulang mammoth kuno yang sangat besar.

Paleontologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari mengenai sejarah kehidupan di bumi dan tanaman serta hewan purba berdasarkan fosil yang ditemukan di bebatuan.

Dilansir dari laman Newsweek.com, Rabu (6/12/2017), baru-baru ini kelompok paleontologi tersebut kembali datang ke perkebunan dan menemukan lebih banyak tulang-belulang.

Tak hanya penemuan saja, beberapa informasi berhasil dihimpun. Ternyata, dari kajian menunjukan bahwa ada manusia purba kala yang tinggal di wilayah tersebut dan diduga telah berburu mammoth untuk dikonsumsi dagingnya.

Daniel Fisher, ahli paleontologi di University of Michigan mengatakan, untuk sementara informasi hanya berkutat pada dugaan sementara. Dugaan lain yang mengejutkan banyak pihak adalah cara yang digunakan manusia purba untuk menyimpan pasokan daging mammoth untuk dikonsumsi kembali.

Fisher menduga, manusia purba itu menyembunyikan pasokan daging dan tulang di dasar lobang besar. Kemudian daging itu ditimbun dengan tanah yang dilapisi oleh bebatuan. Hal semacam ini dilakukan agar hewan buas lain tak mudah menggali atau mengais daging tersebut.

"Cara seperti ini benar-benar bekerja. Di luar perkiraan kita semua," ujar Fisher.

Dalam penemuan tersebut, para peneliti juga menemukan ada bekas luka kapak di bagian tengkorak mammoth. Hal ini menunjukkan bahwa lewat cara inilah manusia purba melumpuhkan hewan raksasa tersebut.

"Ini bukan cara biasa. Mereka adalah 'Tukang Potong Daging' yang sangat ulung," ujar Fisher.

Bekas luka pada bagian tengkorak mammoth mengindikasi adanya penggunaan alat, diduga kapak.

Penemuan ini tentu menjadi kajian baru yang akan terus diteliti oleh pihak University of Michigan. Diharapkan penemuan ini dapat memberi manfaat dalam urusan pendidikan tinggi.

Selain penemuan tulang mammoth, para peneliti juga percaya bahwa wilayah Michigan sebagai rumah bagi manusia purba (orang-orang Clovis) sekitar 13 ribu tahun yang lalu.

Tulang Mammoth dengan Bekas Luka Kapak Manusia Ditemukan
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us