05
Des 2017
Mahasiswa ITB Juarai Kompetisi Geologi Tingkat Asia
Ditulis oleh EDUPOST/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Prestasi membanggakan berhasil diukir mahasiswa Teknik Geologi ITB di ajang SPE PDPU Fest 2017. Dalam lomba yang diadakan Society of Petroleum Engineering Pandil Deenayal Petroleum Univeristy Student Chapter  (SPE PDPU SC) ini, tim ITB keluar sebagai juara pertama pada dua kategori lomba.

 

Kategori pertama yakni Showcase (Paper and Poster Competition) yang dimenangkan oleh Rio, Fernaldy Sebastian Santoso, dan Betari Ayu Pramita (Teknik Geologi ITB 2015). Kategori kedua yaitu Geo-log (Geology Challenge) yang dimenangkan oleh Fernaldy Sebastian Santoso, Rio, serta Zaky indra Putra ramita (Teknik Geologi ITB 2015). Lomba ini sendiri diadakan di Ghandhinagar, Gujarat, India.

 

Sebelumnya, Rio dan tim telah melalui serangkaian tahapan seleksi yang terbilang sulit. Pada cabang lomba Showcase, tahapan pertama yang harus dilalui oleh setiap regu peserta lomba adalah seleksi abstrak. Dalam abstrak tersebut, setiap tim harus mengemukakan ide maupun karya terkait bidang geologi. Total abstrak yang diterima adalah 60 abstrak. Setelah itu, karya yang dibahas di dalam abstrak dipresentasikan di hadapan dewan juri untuk ditentukan pemenangnya.

 

 

Dalam kompetisi itu, Rio dan tim mengangkat karya dengan tema pemetaan. Secara khusus, Rio dan tim memetakan pola persebaran rembesan gas dangkal di pesisir timur Sidoarjo. Selain itu, dalam karya tersebut dibahas juga berbagai jenis faktor geologi yang mengontrol pola persebaran rembesan tersebut.

 

Menurut Rio, keunggulan yang menghantarkan timnya menjadi pemenang terletak pada penyajian paper yang sederhana dan dapat dimengerti oleh multidisiplin ilmu. Tak kalah penting, penyampaian gagasan pada saat presentasi harus sederhana dan mudah dipahami pendengar. (

Mahasiswa ITB Juarai Kompetisi Geologi Tingkat Asia
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us