27
Nov 2017
Berkuasa 37 Tahun, Eks Presiden Zimbabwe Kantongi Pesangon Rp 135 M
Ditulis oleh LIPUTAN6/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Keputusan Robert Mugabe untuk mundur sebagai Presiden Zimbabwe diganjar dengan uang senilai 7,5 juta pound sterling atau setara dengan Rp 135 miliar. Selain itu, ia beserta istrinya, Grace Mugabe juga mendapat kekebalan dari berbagai tuntutan hukum.

Mugabe, mantan autokrat berusia 93 tahun, pada 21 November 2017 akhirnya tunduk pada besarnya tekanan untuk mengundurkan diri setelah berkuasa selama 37 tahun.

Dikutip dari independent.co.uk pada Minggu (26/11/2017), Mugabe dikabarkan melakukan tawar-menawar dengan militer demi mengizinkan ia dan istrinya menikmati sisa hidup mereka di Zimbabwe, bukan di pengasingan.

Kendati digulingkan melalui sebuah kudeta tak berdarah, sebagai mantan kepala negara, Mugabe masih akan menikmati perlindungan penuh dari pihak militer. Demikian laporan media setempat. Selain itu, disebutkan pula bahwa ia masih akan menerima gaji presiden sebesar 112 ribu pound sterling atau Rp 2 miliar per tahun hingga kematiannya.

Sementara itu, Grace yang dikenal dengan julukan "Gucci Grace" berkat kebiasaan belanjanya yang fantastis akan menerima setengah dari gaji sang suami jika yang bersangkutan meninggal.

Menurut laporan, Mugabe menegosiasikan "paket pensiun" ini dengan melibatkan sebuah tim mediator. Salah satu anggota tim tersebut adalah seorang pendeta Katolik.

"Pemerintah akan memberinya uang sebesar 3,75 juta pound sterling dalam bentuk lumsum dan sisanya akan dilunasi secara mencicil," ujar seorang sumber kepada the Zimbabwe Independent.

Berkuasa 37 Tahun, Eks Presiden Zimbabwe Kantongi Pesangon Rp 135 M
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us