24
Nov 2017
Dunia Internasional Puji Kebhinekaan Indonesia
Ditulis oleh BERITANUSA/NUH/BERITASATU
PDF Print E-mail

BERITANUSA -  Wakil Sekjen Religions for Peace International, Kyoichi Sugino menemui Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK). Keduanya membicarakan perihal penguatan hubungan antaragama atau keyakinan yang menjadikan Indonesia sebagai contoh negara yang beragam suku, agama, ras dan golongan tetapi tetap bersatu.

"Dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, kami membicarakan bagaimana memperkuat hubungan antar keyakinan. Indonesia negara yang unik dan kuat, di mana memperlihatkan dialog antar agama sangat kuat," kata Sugino sebelum meninggalkan Istana Wapres, Jakarta, Jumat (24/11).

Kemudian, lanjutnya, hubungan antar keyakinan yang kuat tersebut juga diperlihatkan Indonesia dengan membantu etnis Rohingya di Myanmar melalui rencana membangun rumah sakit yang tidak hanya diperuntukkan bagi umat Muslim tetapi juga umat Buddha.

Mengambil contoh tersebut, Sugino mengatakan organisasinya yang berada di New York, Amerika Serikat (AS) akan meniru di tiga level, yakni level pemuka agama, level Asia dan level akar rumput. Jadi, akan ada pengajaran yang benar mengenai agama Islam dan Buddha terhadap para pemuka agama dan dilanjutkan kepada umat. Dengan tujuan, menciptakan harmoni antar keyakinan.

Menambahkan, Presiden dari Risho Kosei-kai atau Sekte Buddha Jepang, Kohso Niwano mengapresiasi harmoni antaragama yang terlihat di Indonesia. Bahkan, dengan keyakinan yang beragam tersebut, mampu membantu kesulitan dari negara lain, seperti yang diperlihatkan melalui bantuan terhadap etnis Rohingya di Myanmar.

Untuk itu, mencontoh Indonesia, Niwano mengatakan organisasinya akan terus turut serta dalam memberikan bantuan terhadap masyarakat di Rohingya.

"Indonesia selalu memperlihatkan contoh yang baik dalam membantu sesama," katanya.

Sementara itu, Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban, Din Syamsuddin yang turut mendampingi mengatakan bahwa kedatangan perwakilan dari Sekte Buddha Jepang dan Religions for Peace International untuk mengapresiasi kiprah Indonesia dalam mengedepankan dialog antaragama dalam menyelesaikan setiap konflik agama.

"Para tamu ini memberikan kesaksian lagi dan ini kesaksian tambahan dari tamu-tamu sebelumnya bahwa negara kita ini dianggap sebagai model yang bagus untuk masyarakat yang majemuk karena di sini ada hidup berdampingan secara damai, ada toleransi dan juga ada dialog-dialog yang nyata, tidak hanya dalam kata-kata tapi juga dalam kerja bersama," kata Din.

Untuk itu, lanjutnya, Wapres JK mengarahkan untuk terus mengembangkan dialog dan kerukunan antaragama tidak hanya ke luar negeri tetapi terutama ke dalam negeri sendiri. Kemudian, mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Oleh karena itu, Din mengungkapkan awal tahun 2019, akan digelar rembug nasional yang diikuti oleh tokoh-tokoh berbagai agama di Tanah Air. Dalam rembug tersebut akan dibicarakan mengenai masalah-masalah kebangsaan dan selanjutnya akan dicapai kesepakatan bersama.(*)

Dunia Internasional Puji Kebhinekaan Indonesia
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us