15
Nov 2017
Hanya 1% Manusia yang Menguasai 50% Kekayaan Dunia
Ditulis oleh BERITASATU/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA –  Kelompok 1 persen orang paling kaya di dunia sekarang menguasai lebih dari separuh kekayaan di dunia, menurut penelitian lembaga konsultan terkemuka Credit Suisse.

Dalam 12 bulan terakhir, jumlah kekayaan di dunia tumbuh 6 persen menjadi US$ 280 triliun, dan tercatat sebagai pertumbuhan tercepat sejak 2012.

Dari tambahan kekayaan senilai US$ 16,7 triliun itu, lebih dari setengahnya berada di Amerika Serikat, yang bertambah kaya US$ 8,5 triliun.

Namun total nilai kekayaan itu makin terkonsentrasi di puncak piramida. Kelompok 1 persen orang terkaya sekarang memiliki 50,1 persen kekayaan dunia, naik dari pangsa 45,5 persen pada 2001.

"Sejauh ini, kepemimpinan (Presiden Donald) Trump membuat bisnis berkembang dan lapangan kerja meningkat, meskipun upaya dukungan dari Federal Reserve (bank sentral AS) tidak diragukan lagi ikut berperan di sini, dan kesenjangan kesejahteraan makin menjadi masalah serius," kata Michael O'Sullivan, chief investment officer di Credit Suisse.

"Namun menatap ke depan, valuasi dan harga properti yang tinggi bisa mengerem laju pertumbuhan selama tahun-tahun ke depan."

Sekarang ini terdapat 36 juta triliuner di seluruh dunia dan jumlah ini diperkirakan naik menjadi 44 juta pada 2022. Amerika Serikat masih yang paling depan dengan 15,3 juta triliuner dengan harta masing-masing di atas US$ 1 juta. Jepang di urutan kedua dengan 2,7 juta triliuner, disusul Inggris dengan 2,2 juta triliuner. Tiongkok masih di urutan kelima dengan 1,9 juta triliuner, namun pada 2022 nanti jumlah triliuner Tiongkok diperkirakan melonjak menjadi 2,8 juta.

 

Hanya 1% Manusia yang Menguasai 50% Kekayaan Dunia
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us