15
Nov 2017
Yang Perlu Diperhatikan Orang Tua dalam Memilih Sekolah
Ditulis oleh CNN/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Indonesia adalah negara dengan sistem pendidikan terbesar ketiga di Asia. Menurut Bank Dunia, di negeri kita ini ada 250.000 lebih sekolah, yang menampung lebih dari 50 juta siswa dan 2,6 juta guru.

Dengan banyaknya sekolah, menjelang pembukaan tahun ajaran biasanya orang tua sudah mulai menimbang-nimbang ke sekolah mana akan menyekolahkan anak-anaknya. Ada banyak alasan dan pertimbangan dalam memilih sekolah. Bisa jadi di antaranya adalah soal jarak sekolah dari rumah, kualitas sekolah, dan kalau bicara sekolah swasta, pasti ada pertimbangan biaya.

Khusus untuk sekolah swasta, sebetulnya aspek apa yang mestinya paling diutamakan oleh orang tua dalam memilih sekolah? Berikut ini beberapa masukan dari sejumlah kepala sekolah swasta yang sudah kami himpun:

 

Pertama, kualitas sekolah

Kualitas menjadi sangat penting, lebih penting dari biaya. Di dalamnya tidak hanya soal pendidikan (belajar dan mengajar) dan pengetahuan, tapi juga apakah sekolah swasta itu mengedepankan pendidikan karakter yang baik bagi siswa-siswinya.

“Sebab karakter yang baik adalah pondasi anak-anak dalam menghadapi tantangan dunia yang makin kejam,” kata Anastasia Rustiningsih, Kepala SDK PENABUR Kota Jababeka, kepada CNN Student, baru-baru ini.

 

Kedua, kualitas guru

Orang tua perlu memeriksa apakah guru-guru di sekolah yang dituju berkualitas secara akademik dan rutin di-upgrade pengetahuannya. Disarankan untuk mengumpulkan berbagai informasi dari komunitas orang tua. Biasanya, tingkat kepuasan orang tua terhadap guru-guru di sekolah anaknya bisa menjadi indikator yang baik.

Ketiga, program sekolah

Pilihlah sekolah yang memiliki program-program yang menggali dan mengembangkan potensi anak didiknya. Semisal, program sekolah alam untuk mendekatkan siswa ke alam dan mereka belajar menanam sesuatu serta memetik hasilnya. Atau, jika ada program kewirausahaan akan lebih baik lagi. Bukankah sekarang eranya wirausaha? “Bukan maksudnya untuk mencetak pengusaha lho, tapi agar anak-anak memiliki jiwa wirausaha, itu yang penting,” tutur Anastasia lagi.

 

Ini juga termasuk keberadaan program ekstrakurikuler bagi para siswa. Program ekstrakurikuler ini penting untuk menampung dan mengembangkan potensi dan kompetensi para siswa. Semakin beragam, semakin lengkap, apalagi kalau ekstrakurikulernya memiliki prestasi yang bagus, akan lebih baik lagi.

 

Keempat, fasilitas yang ditawarkan sekolah

Apakah sekolahnya memiliki fasilitas lengkap, macam kelas ber-AC, laboratorium, lapangan olahraga, lokasi parkir yang memadai, dan semacamnya? Semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan, maka semakin layak pilih sekolah itu.

Bagaimana dengan jarak sekolah dari rumah? Sukoto, Kepala SMPK PENABUR Kota Jababeka mengatakan, itu seharusnya tak perlu menjadi pertimbangan utama. Sebab, pada saat ini moda transportasi publik sudah sangat lengkap dan beragam. Yang penting adalah kualitas sekolah.

Lalu soal biaya? Itu rupanya sangat relatif sifatnya. Menurut kepala-kepala sekolah yang kami tanya, biaya harus dikorelasikan dengan program dan fasilitas yang ditawarkan sekolah. Kalau program dan fasilitas sangat memadai, biaya bisa jadi tak kelihatan mahal. Di sisi lain, banyak juga program bantuan atau beasiswa yang bisa didapatkan oleh siswa-siswi yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki kemampuan akademik yang bagus.

Yang Perlu Diperhatikan Orang Tua dalam Memilih Sekolah
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us