14
Nov 2017
Peneliti Unpad Lawan Asam Urat dengan Ramuan Putri Malu
Ditulis oleh EDUPOST/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Tanaman Putri Malu (Mimosa pudica L.) termasuk tanaman yang unik karena mampu mengatupkan sendiri daun-daunnya tatkala disentuh. Namun, di balik keunikannya, tanaman ini menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Di tangan peneliti Unpad, Dr. Sri Adi Sumiwi, M.S., Apt., putri malu diolah menjadi ramuan anti asam urat.  Sri menuturkan, penelitian ini menggunakan herba putri malu. Artinya, seluruh bagian selain akar (daun, batang, dan bunga) digunakan sebagai  simplisia untuk membuat ekstrak. Herba yang sudah dikeringkan selanjutnya ditumbuk sampai halus sebelum dibuat esktrak.

“Hampir semua obat sebenarnya memiliki efek toksik bila digunakan pada dosis yang berlebihan,  oleh karena itu harus  digunakan sesuai dengan dosis efektifnya,” ujarnya.

Ekstrak putri malu ini telah dapat dikategorikan sebagai herbal terstandar. Sri menjelaskan, ada tiga kategori obat herbal di Indonesia, yaitu jamu, herbal terstandar, dan fitofarmaka. Kategori jamu merupakan herbal yang belum dilakukan pengujian secara preklinis, atau diketahui memiliki khasiat berdasarkan data empiris.

Kategori herbal terstandar, obat herbal telah diuji secara preklinis, atau pengujiannya belum sampai ke tahap klinis. Secara singkat, obat herbal ini telah berdasarkan penelitian dan sudah diuji hingga tahap preklinis. Pada kategori ini, obat sudah  boleh dibuat dalam bentuk seperti sediaan modern, yaitu tablet, kaplet, atau kapsul. Pada ekstrak putrimalu ini telah dibuat dalam bentuk sediaan tablet.

Penelitian tentang tanaman herbal sudah lama dilakukan Sri juga telah mendapat hibah penelitian berskala nasional. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional, maupun dipresentasikan di dalam seminar ilmiah nasional dan internasional.

Peneliti Unpad Lawan Asam Urat dengan Ramuan Putri Malu
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us