13
Nov 2017
Terpergok Tidur Saat Sidang, Hakim di China Langsung Dipecat
Ditulis oleh LIPUTAN6/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Nasib buruk menimpa seorang hakim di China. Akibat terlalu mengantuk dalam persidangan, karier yang selama ini telah ia bangun seketika tak ada artinya.

Dilansir dari laman South China Morning Post, Senin (13/11/2017), hakim yang diketahui bernama Wei Kaiyang harus rela dipecat dari jabatan karena tertidur di kursinya saat persidangan yang ia pimpin tengah berlangsung.

Dalam rekaman yang beredar, terlihat hakim Wei sedang tertidur sambil mengenakan toga lengkap yang biasa digunakan oleh pimpinan sidang.

Insiden yang terjadi pada Agustus 2017 di kantor Pengadilan Dogan, Provinsi Hunan, China tersebut akhirnya sempat diberhentikan sementara akibat sang pimpinan sidang yang tidak fokus.

Video yang sempat beredar itu langsung mendapat respons dari Pengadilan Rakyat Dongan. Lewat akun media sosial di China, pihak terkait tengah melakukan investigasi.

Sehari setelah pernyataan dikeluarkan, barulah proses pemecatan hakim Wei dilaksanakan.

Berdasarkan keterangan dari Pengadilan Tinggi Youngzhou -- yang membawahi pengadilan Dongan -- hasil investigasi mengungkap, sebelum memimpin sidang pada Agustus lalu, hakim Wei diketahui meminum anggur bersama tiga rekan lainnya saat makan siang.

Akibatnya, Wei tak bisa menahan kantuk yang berlebihan ditambah efek alkohol pada anggur yang membuatnya mabuk. "Hakim Wei melanggar aturan kerja, tak disiplin, melanggar citra hakim," ujar pihak Pengadilan Tinggi Youngzhou.

Terpergok Tidur Saat Sidang, Hakim di China Langsung Dipecat
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us