13
Nov 2017
Seniman Bernuansa Internasional
Ditulis oleh BERITANUSA/LIH
PDF Print E-mail

BERITANUSA - SMA Muhammadiyah 2 Surabaya bukan sekedar Sekolah rujukan. Namun, sekolah berlokasi di Pucang Anom no 91 Surabaya ini mempunyai guru yang mumpuni.

Penampilan boleh kalem. Tapi tangan dingin Rachmat Setyo Wibowo S.Pd saat menggoreskan kuas di atas kain telah menghasilkan karya seni batik lukis yang banyak.

Ya, sosok Guru SBK secara tidak langsung mengibarkan SMA yang dipimpin Ustad Astajab S.Pd, M.M di mata seni dunia.

Ustad Rachmat-sapaan Sang Guru-begitu telaten membimbing dan membina para talenta SMA Muhammadiyah se-Surabaya. Terbukti, pertemuan enam kali, Guru kelahiran Kertosono ini menjadikan para talenta jenjang SMA berkarya batik tulis.

Dengan teknik dan pendekatan saat membina siswa, Sang Guru yang lahir pada bulan Mei 1972 ini mendorong 30 karya seni batik lukis siswa dipamerkan pada Senin (13/11/2017) di Museum Tugu Pahlawan Surabaya.

Dalam pameran bertema "Surabaya, Kota Ku", terlihat jelas sketsa yang dibuat Ustad Rachmat mempunyai jiwa seni yang tinggi. Tak salah jika karya seni batik lukis di bawah bimbingan Ustad Rachmat mendapat apresiasi dari SMAMDA.

"Kami sangat salut dengan semangat Ustad Rachmat dalam mencetak seniman-seniman dari kalangan siswa. Kami percaya, bimbingan Ustad Rachmat bisa melahirkan dan mencetak karya-karya seni yang bernilai tinggi," papar Kepala SMAMDA.

Pameran yang berlangsung 13-16 November 2017 merupakan sarana mengenalkan sejarah kota Surabaya kepada generasi muda.

"Goresan tangan yang terampil menghasilkan batik lukis bergambar bambu runcing, tugu pahlawan, jembatan merah, jembatan suramadu, kya-kya,
monjaya sampai pemimpin jaman now seperti Walikota Surabaya sekarang," urai Guru pembimbing yang berdomisili di Simo Gunung Kramat Surabaya.

Bagi SMAMDA, karya seni yang dihasilkan siswa binaan Ustad Rachmat merupakan keunggulan dan ciri khas sendiri bagi SMAMDA.

"Karya seni ini merupakan agenda tahunan. Setiap tahun penyelenggaraan beda tempat. Tahun lalu di Cak Durasim. Tahun ini di Museum Tugu Pahlawan. Kemudian, tahun depan kami rencananya ingin melaksanakan pameran di mall," kata Ustad Astajab. (LIH)

Seniman Bernuansa Internasional
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us