03
Nov 2017
Mobil Produksi China Mengancam Pasaran Mobil Bekas
Ditulis oleh KOMPASOTOMOTIF/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Semenjak pertama kali diluncurkan di ajang GIIAS 2017 yang lalu, pabrikan mobil China Wuling memang disebut-sebut akan menjadi ancaman yang cukup serius bagi beberapa mobil pesaing khususnya LCGC dan juga MPV.

Bagaimana tidak, dengan spesifikasi yang cukup menawan mobil pertama Wuling yakni Confero S yang notabene merupakan MPV pemula justru dibanderol dengan harga yang setara dengan mobil LCGC yang membawa fitur lebih rendah. Tak pelak hal tersebut pun membuat banyak pihak mengatakan jika Wuling akan merusak “pasaran” para pesaingnya tersebut.

Saat ini, mobil Wuling sudah mulai didistribusikan kepada para konsumennya yang telah melakukan pemesanan awal. Tak hanya itu, diler Wuling yang terbilang baru ini rupanya juga sudah mulai menjangkau berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut pun membuatnya semakin mengancam keberadaan penjualan mobil bekas LCGC dan juga MPV sejuta umat.

Seperti yang dilansir KompasOtomotif, Manajer Senior WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengungkapkan jika kehadiran Wuling yang membawa harga “tidak masuk akal” ini memang pelan tapi padti kian mengganggu penjualan mobil bekas. Bahkan, hal ini juga berpengaruh pada kisaran harga beberapa mobil bekas yang semakin merosot.

“Sudah mulai dari pertengahan bulan (Oktober) terasa. Untuk segmen yang kena itu LCGC terutama model Calya dan Sigra, lalu Avanza dan teman-temannya di segmen itu,” ucap Herjanto.

Sebagai mobil China yang stigmanya tidak terlalu baik di masyarakat Indonesia, Wuling memang berhasil membuktikan kepada calon konsumennya jika mobil buatannya memiliki kualitas yang tidak kalah dengan mobil Jepang meskipun dibanderol dengan harga murah. Bahkan, berkat keberhasilannya meyakinkan calon konsumen, penjualan Confero S disebut-sebut berhasil melampaui Mitsubishi Xpander yang diluncurkan bersamaan pada ajang GIIAS 2017.

Hal tersebut pun diakui oleh Herjanto yang mengungkap jika kualitas yang dibawa Wuling memang cukup baik sehingga masuk akal jika keberadaannya mengganggu penjualan MPV dan LCGC bekas. “Seperti  waktu itu saya pernah bilang, kalau dari konsumen dan beberapa pedagang di sini (WTC), built material Wuling dianggap cukup baik ya. Logikanya juga cukup wajar kalau menggangu, karena dari harga yang kompetitif dengan Avanza bekas orang pasti cenderung pilih produk baru yang masih bergaransi pabrikan, wajar lah,” ucap Herjanto.

Mobil Produksi China Mengancam Pasaran Mobil Bekas
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us