31
Okt 2017
Hari Ini 15 Tahun Lalu, Dunia Geger dengan Skor 149-0
Ditulis oleh METROTVNEWS/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Tepat pada hari ini, 31 Oktober 2002, terjadi peristiwa langka dalam sepak bola. Bagaimana tidak. Sebuah pertandingan resmi di Afrika menghasilkan skor akhir 149-0.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana mungkin sebuah tim sepak bola bisa begitu mudah melesakkan 149 gol dalam satu pertandingan. Apakah itu lelucon? Jelas tidak.

AS Adema menjadi klub dengan perolehan gol terbanyak di dunia dalam satu pertandingan. AS Adema mencetak 149 gol saat menghadapi Stade Olympique de L'emyrne (SOE) dalam pertandingan playoff menentukan juara nasional Madagaskar pada 31 Oktober 15 tahun silam.

Tetapi, gol-gol yang terjadi bukan karena kualitas permainan Adema yang oke, melainkan karena sang lawan kecewa kepada wasit.

SOE kesal terhadap keputusan wasit pada pertandingan sebelumnya yang dianggap tidak adil. Sebagai bentuk protes, SOE kompak melakukan sikap yang tak biasa. Setelah kick-off SOE menendang bola ke gawang sendiri dan itu terjadi sebanyak 149 kali. Alhasil, tanpa menguras keringat, AS Adema mendapatkan 149 gol dari laga tersebut.

Imbas dari aksi tersebut, segenap ofisial AS Adema terheran-heran melihat tingkat para pemain SOE yang melakukan bunuh diri sebanyak 149 kali itu.

Penonton yang hadir juga dibuat kebingungan hingga akhirnya menuntut pihak penyelenggara pertandingan karena dianggap menyajikan pertandingan lelucon. Para penonton langsung menggeruduk loket penjualan tiket untuk menuntut uang mereka kembali.

Federasi Sepak Bola Madagaskar juga dibuat geram oleh aksi para pemain SOE. Akhirnya sanksi diterima oleh pelatih dan empat pemain SOE. Mereka dilarang mengunjungi stadion selama satu musim.

Gara-gara kejadian itu pula, Guiness Book of Records harus merivisi catatannya. Sebelumnya, gol terbanyak dalam sebuah pertandingan terjadi saat laga Arbroath versus Bon Accord yang berakhir 36-0. Rekor yang bertahan sejak 1885 itu kini dipecahkan oleh AS Adema vs SOE yang berkesudahan 149-0.

Hari Ini 15 Tahun Lalu, Dunia Geger dengan Skor 149-0
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us