24
Okt 2017
Tiga Bank turut Terbitkan e-Money untuk Bayar Tol
Ditulis oleh INVESTORDAILY/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Tiga uang elektronik (e-money) dari tiga bank, yakni Bank Mega, Bank DKI, dan Bank Nobu sudah mendapat izin sehingga saat ini sedang menjalani pengembangan teknologi atau proof of concept/POC agar dapat segera beroperasi untuk digunakan membayar tol.

"Izinnya sudah selesai, sekarang lagi POC dan pengembangan untuk chip-nya," kata Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Pungky Wibowo di Jakarta, Senin.

Sesuai peta waktu (timeline) elektronifikasi pembayaran tol dari BI, uang elektronik dari tiga bank tersebut akan dapat digunakan untuk membayar tol selambat-lambatnya pada Desember 2017.

"Kita harapkan bisa lebih cepat ya dari Desember 2017," ujar Pungky.

Saat ini, baru lima bank yang uang elektroniknya dapat digunakan di tol yakni PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk (TapCash), PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk (Co-Branding dengan Bank Mandiri), PT Bank Mandiri Persero Tbk (e-money), PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (Brizzi), dan satu bank swasta PT Bank Central Asia Tbk (Flazz).

Pungky menjelaskan saat ini ketiga bank tersebut sedang mengembangkan teknologi untuk berpartisipasi dalam Secure Acces Module untuk multi-aplikasi atau multiapplet (SAM Multiapplet).

Dalam elektronifikasi jalan tol, terdapat dua SAM Multiapplet yang digunakan yakni milik Bank Mandiri dan BCA. "Ketiga bank ini nantinya akan mengikuti SAM Multiapplet milik Mandiri atau BCA," ujar dia.

Sejalan dengan itu, perusahaan konsorsium electronic toll collection/ETC akan didirikan oleh beberapa Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Konsorsium itu nantinya akan menjadi lembaga yang mengelola sarana dan prasarana elektronifikasi pembayaran di jalan tol, seperti sistem dan pengadaan reader (pembaca kartu), sinkronisasi data, termasuk pembagian keuntungan secara proporsional.

Tiga Bank turut Terbitkan e-Money untuk Bayar Tol
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us