17
Okt 2017
5 Merek Arloji Swiss yang Paling Dicari Tahun Ini
Ditulis oleh CNN/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA-- Jam tangan tak dipungkiri jadi salah satu elemen penting dalam penampilan. Ia tak hanya sekadar jadi penunjuk waktu, tapi juga sarana mengekspresikan diri.

Jam tangan secara tidak langsung juga mencerminkan karakter si pemakainya, khususnya bagi pria. Jika wanita mengenakan perhiasan untuk mempercantik tampilannya, maka pria mengenakan jam tangan sebagai 'perhiasan' mereka.

Bicara jam tangan, maka tak akan lepas dari Swiss, negara yang melahirkan label-label jam tangan kenamaan dunia. Bahkan, negara lain pun berkiblat pada Swiss dalam produksi jam mereka. Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima label jam tangan asal Swiss yang paling dicari.

 

1. Rolex

Awalnya, perusahaan jam ini berdiri di London, Inggris pada 1905. Namun, pada 1919, ia bergeser ke Jenewa, Swiss hingga kini. Hans Wilsdorf, sang pendiri, ingin jam tangan labelnya akurat. Pencarian ketepatan kronometris berbuah manis. Pada 1910, Rolex dianugerahi Sertifikasi Kronometris Swiss atau Swiss Certificate of Chronometric Precision. Selain itu pada 1914, ia juga dianugerahi sertifikat ketepatan kelas “A” oleh Kew Observatory, Inggris. Rolex kini identik dengan ketepatan atau presisi.

Rolex telah mengeluarkan berbagai jenis koleksi jam tangan. Tahun ini, ia mengeluarkan koleksi antara lain Oyster Perpetual Sea-Dweller, Oyster Perpetual Yacht-Master II, Oyster Perpetual Cosmograph Daytona dan Oyster Perpetual Sky-Dweller.

 

2. Bomberg

Bomberg bisa dibilang pemain baru dalam industri jam tangan. Didirikan pada 2012 di Neuchatel, Swiss, perusahaan ini menunjukkan citra yang berani sekaligus sebagai pendobrak tradisi yang konservatif. Kesan berani, agresif serta maskulin ditonjolkan oleh jam yang kini tersedia di lebih dari 50 negara ini. Tengok saja penggemar jam ini seperti musisi Gene Simmons dari KISS, Tommy Lee dari Motley Crue, gitaris Slash dari Guns N 'Roses dan pemain NBA California, Chris Andersen.

Belum lama ini ia mengeluarkan koleksi bertajuk Bolt-68. Keunikannya, jam ini mampu bertransformasi tak hanya sebagai jam tangan, tapi juga sebagai jam saku yang dilengkapi dengan rantai. Marco Mascis, COO Bomberg, menyampaikan, jam tangan Bomberg memang dirancang untuk mengekspresikan diri pemakainya, apalagi pemakai yang dinamis. Selain itu, Bomberg juga mengeluarkan aksesori seperti Skully Bracelets dan Grenade Desk Clock, di mana arloji dapat dilepas dan dipasang pada 'granat' sebagai jam meja.

 

3. Patek Phillipe

 

Patek Phillipe adalah satu dari sekian label jam tangan yang paling dicari. Ia juga termasuk jajaran jam tangan yang punya fitur khusus, yakni pemakainya bisa menambahkan satu hari pada Februari saat tahun kabisat. Jam mewah ini adalah hasil kolaborasi Antoni Patek dan Adrien Philippe pada 1851. Label ini dikenal luas berkat harganya yang fantastis. Pernah pada 2010 lalu, jam jenis Reference 1527 yang dibuat pada 1943 terjual hingga Rp58,45 miliar pada sebuah lelang di Swiss.

Desain yang kompleks nan classy ditampilkan untuk koleksi keluaran tahun ini. Material yang digunakan seperti emas putih, emas berwarna rose, platinum juga baja tahan karat atau stainless steel.

 

4. Tag Heuer

 

Label jam tangan ini didirikan oleh Edouard Heuer pada 1860. Sebenarnya ia tak hanya memproduksi jam tangan, tapi juga aksesori, kacamata bahkan ponsel. Desainnya yang selalu inovatif membuat Tag Heuer digemari oleh selebriti dunia. Pebalap Lewis Hamilton, pegolf Tiger Woods, dan aktor Shahrukh Khan adalah sedikit dari sekian deret nama artis yang mengagumi jam tangan Tag Heuer.

Keluaran terbaru dipamerkan pada Geneva Watch Exhibition 2017 awal Januari lalu. Total ada empat koleksi, yakni Aquaracer Lady 300M untuk wanita, Aquaracer 300M 43MM, Carrera Calibre 16, dan Carrera Heuer-01 untuk pria.

 

5. Tissot

 

Awalnya, label jam yang didirikan oleh Charles-Félicien Tissot dan putranya Charles-Émile Tissot ini hanya memproduksi jam saku pada 1853 dan jam antimagnetik pada 1929-1930. Hingga kemudian mereka memproduksi jam tangan dan dikenakan oleh para pesohor dunia. Sebut saja penyenyi Elvis Presley, menantu Kerajaan Monako Grace Kelly, hingga tokoh Afrika Selatan Nelson Mandela. Popularitasnya makin menanjak saat Lara Croft alias Angelina Jolie mengenakan jam ini pada film Lara Croft Tomb Raider: The Cradle of Life juga Mr. & Mrs. Smith.

Tahun ini keluaran koleksi terbarunya cukup variatif. Tissot PRC200 Ice Hokey Special Edition dibuat untuk peringatan Federasi Hoki Es Internasional (IIHF). Desainnya sporty dengan sentuhan warna biru dan aksen merah pada jarum jam. Ada juga Tissot T-Touch Expert Solar II dengan fitur layar sentuh untuk berbagai fungsi. Selain itu ia juga anti gores karena terbuat dari ceramis bezel.

5 Merek Arloji Swiss yang Paling Dicari Tahun Ini
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us