15
Apr 2019
Penantang Capres Petahana ‘Mangkir’ saat Debat Pilpres Ukraina
Ditulis oleh LIPUTAN6/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Calon presiden petahana Ukraina Petro Poroshenko berdiri di podium kosong gara-gara penantangnya, Volodymyr Zelensky yang juga bintang TV serta komedian, gagal tampil.

Menurut laporan BBC yang dilansir Liputan6.com, Senin (15/4), Poroshenko yang merupakan presiden Ukraina saat ini, tampil seorang diri di depan ribuan orang di ibu kota Olympic Stadium, Kiev. Podium sebelahnya kosong.

Sejatinya kedua pria itu telah menyetujui hadir dalam debat pilpres yang disiarkan televisi ini pekan lalu, tetapi mereka gagal menyepakati tanggal yang akan dilangsungkan. Meski Zelensky sempat menyatakan lebih menyukai hari Jumat yang pekan ini, dua hari sebelum mereka saling berhadapan dalam pemilihan putaran kedua.

Poroshenko, yang berada di bawah saingannya setelah hanya mendapat 16 persen suara putaran pertama, tampaknya sekarang berharap bisa memanfaatkan kegagalan Zelensky muncul di Stadion Olympiyskiy Kiev dengan tampil di televisi.

Menurut koresponden BBC di Kiev Jonah Fisher, mantan pengusaha itu menginginkan debat untuk mengungkap fakta lawannya yang tidak memiliki pengalaman politik, tidak pernah benar-benar mengartikulasikan visi politik atau ide-idenya tunduk pada pengawasan.

Dalam debat pilpres tersebut, sang petahana akhirnya menggunakan waktu tunggu selama 45 menit di podium untuk menjawab pertanyaan wartawan, dan menyerang lawannya yang absen.

Poroshenko, yang menurut para kritikus tidak cukup berbuat untuk memerangi isu-isu seperti korupsi di negara Eropa Timur, menjuluki kampanye pemilu sebagai "film bisu", dan menuduh Zelensky takut. "Jika dia bersembunyi dari orang-orang lagi, jika dia takut, kita akan mengundangnya lagi. Kami akan mengundangnya setiap hari ke setiap pertunjukan langsung untuk seluruh negara untuk melihat siapa yang akan dipilih untuk lima tahun ke depan," katanya kepada kerumunan dan kamera televisi pada saat kedatangannya.

Penantang Capres Petahana ‘Mangkir’ saat Debat Pilpres Ukraina
 

Follow us