01
Jan 2017
Pencipta Tokoh 'Bambi' Meninggal di Usia 106 Tahun
Ditulis oleh CNN/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA –  Tyrus Wong, animator legendaris Disney dan pencipta tokoh Bambi, mengembuskan napas terakhir di usia 106 tahun.

Keluarga Wong menyampaikan berita duka tersebut melalui Facebook.

 

“Dengan hati yang berat, kami mengumumkan bahwa Tyrus Wong tutup usia,” tulis pihak keluarga, dikutip Metro.co.uk.

“Tyrus meninggal dalam damai di rumah dan dikelilingi keluarganya, termasuk ketiga putrinya, Kim, Kay dan Tai-Ling. Dia meninggal di usia 106 tahun.”

 

Wong lahir di China pada 1910, kemudian hijrah ke Amerika Serikat bersama ayahnya, pada 1919. Dia mempelajari seni di Otis Art Institute di Los Angeles, dan pada 1938 bergabung dengan Walt Disney Studios.

 

Selama bekerja, Wong juga membantu lahirnya tokoh ikonik Disney, Mickey Mouse.

 

Kisah terciptanya Bambi dari tangan Wong, cukup bersejarah.

 

Menurut Walt Disney Family Museum, Wong mendengar bahwa Disney tengah mengembangkan tokoh baru bernama Bambi. Dia kemudian pulang ke rumah dan menggambar beberapa tokoh kartun rusa bertotol di hutan.

 

“Gambar rusa totol mungil dan imut itu kemudian menarik perhatian Walt Disney dan menjadi dasar visual film tersebut. Walt Disney juga melihat bakat Wong dalam mengembangkan seni visual pemandangan hutan, yang tidak terlihat seperti hutan,” terang Walt Disney Family Museum.

 

Bambi sendiri dirilis pada 1942. Kini, nyaris 75 tahun berlalu, visi Wong tentang Bambi dan juga karyanya, masih terus digunakan.

 

Dia pensiun dari Disney pada 1968 dan di tahun 2001, Wong dianugerahi gelar ‘Legenda Disney’. Kemudian di 2013, Disney Family Museum memajang pameran hasil karyanya, berjudul ‘Water to Paper, Paint to Sky: The Art of Tyrus Wong’.

 

Berpisah dengan Disney, Wong kemudian bergabung dengan Warner Brothers studio dan menciptakan karya visual bagi beberapa film epik seperti ‘The Sands Of Iwo Jima’, ‘Rebel Without A Cause’ dan ‘The Wild Bunch’.

Pencipta Tokoh 'Bambi' Meninggal di Usia 106 Tahun
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us