08
Apr 2014
'Gianluigi Buffon' Baru Bernama Simone Scuffet
Ditulis oleh PANDU
PDF Print E-mail

Kiper muda ini pantas mencuri perhatian setelah beberapa bulan ini menyajikan performa spektakuler di bawah mistar. Banyak pihak mulai bertaruh untuk kesuksesannya.
Ia mengaku terinspirasi oleh Samir Handanovic, yang ia sebut sebagai "penjaga gawang terbaik di dunia", namun Simone Scuffet justru berencana untuk mengikuti jejak seorang Gianluigi Buffon. Di saat banyak orang bermimpi untuk jadi kiper nomor 1 Italia, pemain 17 tahun ini sudah membuktikannya di Udinese selama dua bulan ini, bahwa ia punya bakat untuk menggantikan kiper Juventus itu saat membela Italia...suatu saat nanti.

DARI PRIMAVERA MENUJU DALL'ARA

Scuffet tumbuh dan berkembang di akademi klub keluarga Pozzo dan dipromosikan dengan cepat ke tim Primavera setelah para pelatih kepincut dengan penjagaan impresif dan teknik hebatnya. Tak lama, ia pun dipanggil untuk iku Piala Dunia U-17, seiring produk Udine ini membawa Italia lolos ke putaran final sebelum kalah oleh Meksiko. Bagi Schuffet, itu adalah kali terakhir ia jadi sorotan publik, sebelum Sabu, 1 Februari 2014.

Itu adalah tanggal yang akan selalu diingat oleh kiper muda ini selamanya. Setelah Zeljko Brkic mengalami cedera saat pemanasan jelang laga kontra Bologna di Renato Dall'Ara, pelatih Francesco Guidolin tak melirik Ivan Kelava dan memainkan Scuffet untuk menggantikan si nomor 1. Remaja ini sebenarnya belum pernah tampil lebih dari lima menit sebelumnya, tapi setelah laga usai, ia telah mencuri hati pelatihnya, para fans, dan dunia yang sedang mengamati talentanya.

MIRIP PENDAHULUNYA

Udinese menang 2-0 di Bologna dan benang merah mulai dikaitkan antara Scuffet dan debutan berusia 17 tahun beberapa dekade lalu. La Gazzetta dello Sport mengatakan, "Di usia 17, ia melakoni debut Serie A tanpa rasa takut dan mencatatkan clean sheet. Mirip seperti Buffon." Sejak saat itu, ia menjadi pilihan utama Udinese di bawah mistar.

Brkic mendapat kesempatan untuk pulih dari cedera tanpa terburu-buru, dengan penerus mudanya menunjukkan performa monster pekan demi pekan. Selama dua leg semi-final Coppa Italia, Schuffet bahkan jadi satu-satunya tembok dan tampil sensasional di Artemio Franchi. Setelah Brkic sembuh, Scuffet yang masih 17 tahun tetap tak tergeser dan Brkic harus rela duduk di bangku cadangan.

PROFIL | Simone Scuffet
Klub     Udinese
Posisi     Goalkeeper
Tanggal Lahir
31 Mei 1996
Tinggi/berat     187 cm/85 kg
Kewarganegaraan     Italy
Diidentikkan dengan...     Gianluigi Buffon

Hal yang luar biasa dari anak eks kiper amatir ini adalah bakatnya menjaga gawang. Ia memiliki respon cepat akan bahaya dan ia selalu waspada dalam mengklaim bola. Ia mampu mengomando lini belakang walau masih muda dan kemampuannya menahan tembakan, tak perlu diragukan lagi. Memang mustahil tidak mengidentikannya dengan Buffon muda dan ia juga mengakui, karir Buffon sebagai pemegan rekor adalah apa yang selalu ia inginkan.

"Hal itu tentu luar biasa dan saya bermimpi untuk mengikuti jejak Buffon," ujar Scuffett pada La Gazzetta dello Sport. "Tentu sangat hebat bisa memenangkan apa yang telah ia raih bersama Juventus dan timnas Italia."

"Sekarang, saya sangat senang dan saya akan menunggu serta melihat apa yang akan terjadi musim depan. Jika saya pikir di awal musim ini saya adalah kiper keempat Udinese, sekarang saya merasa bangga bisa menjadi starter."

SPEKULASI BERBUAH MANIS

Keputusan Francesco Guidolin malam itu sebenarnya memicu tanda tanya besar. Udinese memang terkenal dengan bakat-bakat asing yang mereka kembangkan lewat akadmei mereka, tapi dalam diri Scuffet, mereka punya pemain DNA mereka sendiri, alias pemain lokal. Sepuluh tahun sejak kepergian Fabio Rossitto, Friulani akhirnya punya pemain lokal yang bisa mereka banggakan.

Diakui oleh Cesare Prandelli sebagai pemain yang karirnya akan melaju dengan cepat menuju sukses, tentu banyak orang tidak sabar ingin menyaksikan Schuffet beberapa tahun ke depan. Ia punya bakat untuk jadi yang terbaik, dan telah menunjukkan kesiapannya untuk memenuhi potensial luar biasa yang ia miliki.

Mari kita tunggu dan saksikan sepak terjang Scuffet...

'Gianluigi Buffon' Baru Bernama Simone Scuffet
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us