20
Des 2013
Jangan Sepelekan Uang Seribu Rupiah
Ditulis oleh VEMALE/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA - Besaran uang seribu rupiah mungkin tidak begitu berarti bagi Anda, tetapi sekecil apapun rupiah yang ada hendaknya tetap dihargai dan tidak disepelekan.

Kecenderungan manusia menghargai uang bernominal besar memang adalah hal wajar, tetapi sebelum nominalnya menjadi besar, ada nominal-nominal kecil yang menyusunnya. Seperti nasib uang seribu perak yang sekarang seperti tak berharga, padahal, mana bisa jadi 1 milyar rupiah kalau jumlah angkanya masih kurang seribu perak?


***

Anak: "Bu, ibu. Aku tidak mau lagi diberi uang saku seribu perak bu, Aku malu. Masa teman-temanku sudah diberi uang saku lima ribu, aku masih juga bertahan di angka seribu perak," kata seorang anak ketus pada ibunya.

Ibu: "Nah, hanya itu yang ibu mampu saat ini. Toh ibu masih membawakan bekal buatmu yang bisa menggantikan banyak uang saku. Dan uang seribu peraknya bisa ditabung," jelas ibu.

Namun si anak bersikeras dan tetap ngambek. Ibu yang tak mau kalah dari anaknya hanya tersenyum saja. Keesokan harinya, ibu mengalah saja. Ia memberikan anaknya uang lima ribu rupiah seperti yang diinginkan si anak.

***

Saat ibunya meninggal, sebuah kotak diwariskan untuk si anak. Dan dibacanya secarik surat dengan baik.

"Anakku, ibu tidak bisa memberikan sesuatu yang besar untukmu. Tetapi setidaknya ini akan membantumu..."

Dibukanya kotak tersebut dan dilihatnya berlembar-lembar uang seribuan yang sengaja disimpan ibu untuknya. Ia teringat masa kecilnya di mana ia menolak uang seribuan itu dan meminta uang yang lebih besar sebagai uang sakunya. Alhasil, ibu banyak berkorban untuk si anak. Memutar otak dengan memberikan uang belanja lima ribu rupiah dan menyusun daftar belanja baru.

Sementara uang seribu perak yang kelihatan kecil angkanya itu tetap ia kumpulkan. Sampai jumlahnya menjadi sangat besar dan cukup sebagai bekal si anak membangun rumah tangga.

***

Maksud dari cerita di atas adalah sekecil apapun hal yang ada di dunia ini, entah itu uang, entah itu perhatian, entah itu cinta, atau juga makanan, hendaknya selalu diperlakukan berharga dan tetap tidak disia-siakan. Anda menyesal pada akhirnya ketika menyia-nyiakan setiap hal kecil yang ada di dalam hidup Anda. Karena sekalipun hal terkecil di dunia ini, menyumbangkan manfaat yang sangat besar di dalam hidup.

 

Jangan Sepelekan Uang Seribu Rupiah
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us