09
Des 2013
Akhir Tahun Anda bisa Terjebak Musim Diskon
Ditulis oleh KOMPAS/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA –  Ketika musim diskon hadir, segenap pecinta belanja menyambutnya dengan suka cita. Karena, pada dasarnya semua orang, baik perempuan dan pria, sama-sama menyukai diskon. Tetapi memang, kaum perempuan lebih antuasias berbelanja saat musim diskon datang. Khususnya, di penghujung tahun seperti sekarang.

Agar tidak kehilangan kendali saat berbelanja dan berakhir dengan sejumlah kantong belanja berisikan barang-barang yang belum tentu Anda butuhkan. Coba tenangkan diri sejenak, dan tanyakan empat hal berikut ini pada diri Anda.

“Apakah saya benar-benar membutuhkannya?”

Satu aturan praktis untuk menjaga keadaan uang Anda stabil dan tidak “diracuni” oleh godaan sale yaitu dengan bertanya pada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkan barang yang sedang di diskon tersebut? Meskipun diskon yang diberikan sangat menggiurkan, namun jika Anda tidak membutuhkannya maka jangan membelinya! Karena Anda hanya akan membuang-buang uang yang sebenarnya bisa dialokasikan ke hal yang lain.

"Apakah diskon yang ditawarkan benar-benar tanpa persyaratan apapun?”

Biasanya, promo sale yang dipampang pada gerai belum termasuk pajak pembelian dan persyaratan lainnya. Nah, jika Anda melihat ada sale 80%, Anda harus perhatikan dengan benar diskon tersebut untuk semua barang yang dijual pada gerai itu atau tidak. Terkadang, tulisan diskon besar, bisa jadi jebakan dari strategi marketing untuk menarik pembeli sebanyak-banyaknya, tanpa memedulikan apakah pembeli diuntungkan atau tidak.

"Apakah saya benar-benar berani?"

Tawaran diskon sering kali membuat kondisi keuangan seseorang menjadi tidak stabil. Maka dari itu, Anda harus berkomitmen kuat untuk tidak tergoda pada lautan diskon di gerai pusat belanja, jika pada kenyataannya keadaan uang Anda sedang tidak kondusif. Intinya, jangan memaksakan kehendak disaat kemampuan tidak memadai.  

"Apakah barangnya benar-benar berkualitas bagus?"

Semua orang pasti ingin membeli barang berkualitas bagus dengan harga semurah-murahnya. Kenyataannya, hampir tidak ada perusahaan ritel yang peduli dengan keinginan publik tersebut. Dan ini bukannya tidak adil, mereka pun juga butuh profit dan pemasukan agar roda bisnis senantiasa bergulir langgeng.

Maka dari itu, yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa kondisi produk, apakah masih baik atau terdapat cacat. Kalau memang menghendaki barang berkualitas juara, Anda tidak punya pilihan lain, kecuali membeli produk terbaru dengan harga normal.

"Apakah saya benar-benar akan membayar dengan kartu kredit?”

Jika Anda menggunakan kartu kredit untuk membayar barang-barang diskon yang Anda beli, itu adalah cara yang salah. Karena, total pembelian selanjutnya akan bertambah dengan beban bunga, jadi harga yang akan Anda bayarkan otomatis menjadi lebih besar, dibandingkan jika membayarnya secara tunai.  Maka dari itu, disarankan untuk menghindari membeli produk sale dengan kartu kredit!

 

Akhir Tahun Anda bisa Terjebak Musim Diskon
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us