02
Okt 2019
Eks Karyawan Yahoo Bobol 6 Ribu Akun Pengguna
Ditulis oleh UZONE/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA - Mantan teknisi Yahoo, Reyes Daniel Ruiz (34), mengaku bersalah di pengadilan San Jose, karena telah mengakses ribuan data pengguna Yahoo.

Mengutip PC Mag Asia, Ruiz mengaku mencuri banyak gambar dan video porno dari perempuan muda, termasuk teman-teman dan rekan kerjanya. Total, ia telah meretas sekitar 6.000 akun pengguna Yahoo.

Ruiz membobol password para pengguna dan memanfaatkan sistem internal Yahoo untuk mengakses akun-akun tersebut.

Kemudian, ia menyalin foto-foto dan video-video. Ruiz juga menjebol akun iCloud, Facebook, Gmail, dan Dropbox para korban.

Secara total, ia meretas sekitar 6.000 akun Yahoo, menurut kantor pengacara AS untuk Distrik Utara California. Ruiz didakwa telah meretas akun-akun korban sekitar Mei 2018, berlangsung sekitar sebulan, dan melibatkan penyadapan email dari 37 akun Yahoo.

Di LinkedIn Ruiz, ada keterangan bahwa ia bekerja di Yahoo selama lebih dari 10 tahun, terutama di bagian layanan email. Riuz meninggalkan perusahaan pada Juli 2018.

“Setelah atasannya mengamati aktivitas akun yang mencurigakan, Ruiz mengaku telah menghancurkan computer dan hard disk  tempat ia menyimpan gambar-gambar itu,” kata para penyelidik federal.

Jaksa telah membacakan tuntutan terhadap Ruiz pada April lalu. Ruiz terancam hukuman lima tahun penjara dan denda USD 250 ribu (sekitar Rp 3,5 miliar). Sidang pembacaan putusan dijadwalkan Februari mendatang.

Eks Karyawan Yahoo Bobol 6 Ribu Akun Pengguna
 

Follow us